3 Modul Utama ERP dan Implementasinya
Nama :
Putu Wulan Wahyu Sandhiani
NIM :
1504505062
Universitas Udayana Fakultas Teknik Program Studi Teknologi Informasi
Mata Kuliah :
Enterprise Resource Planning
Dosen :
I Putu Agus Eka Pratama, S.T., M.T.
3 Modul Utama ERP
Seperti yang sudah dibahas pada postingan sebelumnya, ERP atau Enterprise Resource Planning merupakan suatu konsep yang digunakan untuk merencanakan dan mengelola sumber daya yang dimiliki suatu perusahaan. ERP ini berperan dalam mengintegrasikan proses bisnis yang berhubungan dengan aspek operasi, produksi, maupun distribusi dari perusahaan yang bersangkutan sehingga pengelolaan aspek tersebut dapat dilakukan secara otomatis oleh perusahaan. Dalam ERP, terdapat 3 buah modul utama yang dibahas, yaitu:
1. Operasi
Modul ini menangani proses operasional dasar dalam ERP, yaitu proses utama atau pokok yang berjalan dalam suatu perusahaan. Contoh: distribusi, produksi, pemasaran, dashboard, email, dan web portal.
2. Finansial dan Akuntansi
Modul ini menangani semua proses keuangan yang terdapat pada Perusahaan. contoh : pembayaran, laba-rugi, hutang, kredit, pajak, dll.
3. Sumber Daya Manusia
Modul Sumber Daya Manusia menangani mengenai manajemen pegawai sejak menjadi calon pegawai. Contoh : HRM (Human Resource Management).
Ketiga modul utama tersebut selanjutnya dapat dikembangkan untuk menjadi sistem informasi ERP yang ada di perusahaan. Implementasi ketiga modul tersebut ke dalam sistem informasi yang terintegrasi dengan ERP dibagi menjadi 5 buah modul, yaitu:
1. HRM (Human Resource Management)
HRM merupakan modul yang menangani SDM yang terdapat pada perusahaan tersebut. Pegawai merupakan salah satu aset perusahaan, maka dari itu memerlukan manajemen yang baik dan terukur sejak pegawai tersebut di rekrut oleh perusahaan sampai proses manajemen tugas dan bonus yang di dapatkan pegawai.
2. FRM (Financial Resource Management)
Modul ini mengelola keuangan dalam perusahaan sehingga keuangan perusahaan dapat dilaporkan selanjutnya dalam bentuk report atau buku tahunan. Manajemen ekonomi yang baik dalam suatu perusahaan merupakan salah satu kunci suksesnya perusahaan tersebut.
3. SCM (Supply Chain Management)
Modul SCM berisi proses perencanaan, optimalisasi penyimpanan, penggunaan logistik, membantu dalam memperbaiki prediksi permintaan serta efisiensi bagi perusahaan. Tujuan dari modul ini adalah tercapainya efisiensi dan efektifitas dari supplier, manufacter, warehouse dan store.
4. MRP (Manufacturing Resource Planning)
Modul ini biasanya diterapkan oleh perusahaan manufaktur. Modul ini menjaga agar proses bisnis manufaktur tetap berjalan sesuai dengan rules yang sudah berjalan dari perusahaan induk.
5. CRM (Customer Relationship Management)
CRM menangani seluruh permasalahan yang berhubungan dengan pelanggan dan calon pelanggan termasuk di dalamnya call center, tenaga penjualan, dan layanan lapangan. Sistem ini akan digunakan untuk menjadwalkan aktivitas pra penjualan dna pasca penjualan pada perusahaan.
Komentar
Posting Komentar